Syukron : OKP Tidak Gabung KNPI, RUGI!

Kepemudaan
Gamping Corner.com, Seyegan,- Syukron Arif Muttaqin S.E., Salah satu produk pemuda yang tumbuh dan berkembang di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Merangkai kepekaan, gagasan pemikiran dan berorganisasi untuk mewujudkan pembangunan bangsa, semua proses itu berawal di KNPI. Keberhasilan itu kini nampak dengan amanah yang melekat sebagai Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi D Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Proses restruturisasi menjadi bagian yang menggemberikan Syukron. Beliau berharap akan muncul calon-calon pemimpin baru. “Harapan saya, semoga dengan aktifnya KNPI tingkat kecamatan, dapat menampung calon-calon pemimpin baru” ujarnya.
Undang-Undang Kepemudaan dibentuk pada masa order baru, karena banyak Organisasi Kepemudaan (OKP) kala itu, maka KNPI merupakan wadah bergabungnya OKP. Hal ini menjadikan KNPI sebagai mitra strategis bagi pemerintah. Saat ditanyai apakah penting OKP bergabung dengan KNPI, Syukron menjabarkan dalam 3 inti, yaitu :

1. Mitra Strategis Pemerintah

Anggota KNPI bukan orang sembarangan, mereka adalah anggota OKP daerah yang telah diberi mandat oleh pimpinan. “Tidak mungkin pimpinan akan mempercayakan pada kader yang tidak memiliki kapabilitas, karena akan memalukan organisasi jika kiprahnya tidak baik. Sebaliknya, jika kader terbaik maka akan memberikan dampak positif terhadap organisasinya.” tegasnya.
“Saat menjadi anggota KNPI, anggota wajib melepaskan baju untuk kepentingan bangsa” ungkap Syukron. Beliau menjelaskan setidaknya terdapat 7 kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Kabupaten Sleman, yang paling akhir adalah pelatihan digital. Bergabungnya OKP di dalam KNPI memberikan efek sumberdaya yang besar, sehingga program-program pemerintah dapat berjalan dengan baik, terutama bidang kepemudaan.

2. Benar-Benar Bisa Menjalakan Tugas

Setiap OKP memiliki fokus kegiatan dan nilai yang berbeda-beda, meski pada intinya adalah menyiapkan generasi emas untuk pembangunan bangsa. Bergabungnya OKP di KNPI dapat mengasah karya dan pemikiran kader terbaik. “Jika benar-benar bisa menjalankan tugas dalam rangka mengembangkan diri di KNPI, banyak ruang untuk mengasah potensi diri, berkarya dan gagasan untuk pembangunan bangsa” paparnya.

3. Bersatu, Pemuda Maju

Anggaran pemuda dalam APBD cukup kecil. “Anggaran pemuda ini kecil dari APBD yang besar, sehingga support terhadap anak muda kurang optimal. Nilai tawar akan lebih besar jika pemuda Sleman bersatu” tuturnya. Beliau menjelaskan banyak sektor yang perlu diintegrasikan dengan anak muda, misal program pertanian, peternakan, ekonomi, perikanan, digital, handicraft dsb. Saat ini terdapat 30 OKP yang telah bergabung dengan KNPI. Setelah bergabung maka spirit yang dibangun adalah Bersatu.


Penjelasan ini mengerucutkan bahwa OKP yang berjuang sendiri dan tidak terhimpun dalam KNPI tidak memiliki daya tawar yang tinggi bagi pemerintah. Selain itu, hampir seluruh kegiatan kepemudaan pemerintah dikomunikasikan dengan KNPI. Satu-satunya pilihan bagi OKP adalah bersatu kita maju. (*al)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *