Cangkang Telur Berubah Jadi Lembek, Eksperimen Sederhana Buktikan Gigi Kamu Mudah Patah Sebab Asam Berlebih

Pelajar

Halo sobat pelajar! Bagaimana cangkang telur bisa menjadi kenyal saat direndam cuka? Kok bisa ya?

Membuat telur kenyal merupakan eksperimen sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui reaksi cuka terhadap kalsium pada cangkang telur. Caranya sangat mudah. Kalian perlu menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Bahannya yaitu telur ayam dan cuka. Alatnya adalah gelas berbahan kaca. Setelah alat dan bahan siap, pertama masukkan telur ke dalam gelas, lalu tambahkan cuka hingga seluruh telur tenggelam. Langkah terakhir, diamkan telur 1-2 hari. Setelah itu, amati dan pegangnya telur tersebut. Warna kulit telur menjadi luntur dan bertekstur kenyal, bahkan jika telur dijatuhkan ke lantai dengan ketinggian 5-10 cm, telur tidak akan pecah.

Wah! Keren kan sobat?

Cangkang telur menjadi kenyal setelah direndam cuka karena cangkang telur mengandung kalsium bikarbonat (CaCO3). Saat telur direndam dalam cuka, kalsium bikarbonat bereaksi dengan cuka membentuk garam. Kalsium karbonat larut sehingga yang tersisa adalah protein pengikat yang elastis karena kulit telur rentan terhadap asam pada cuka, seperti yang kita tahu jika asam dapat mengikis lapisan benda. Jasi asam cuka merombak kalsium pada cangkang telur dan melunakkannya, sehingga cangkang telur akan menjadi kenyal dan lembek.

Pelajaran yang kita dapat dari eksperimen ini adalah gigi kita mengandung kalsium seperti cangkang telur. Apabila kita mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam dan berkarbonasi secara berlebihan, maka kalsium pada gigi kita akan terkikis oleh asam pada makanan atau minuman tersebut, akhirnya gigi kita akan mudah patah dan keropos.

Nah, itulah sobat eksperimen sederhana kita kali ini. Nantikan artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat, ya!

Penulis: Sri Andaruwati (Siswa SMP Muhammadiyah 2 Gamping)

Editor: Rizki Putri Ramadani (Kontributor Kedaulatan Rakyat Jogja (krjogja.com), PWMU.co)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *