Seminar MGS : Multiple Intelligence dan Implementasinya untuk Siswa

Gamping News Sosial
Gampingcorner.com, Ambarketawang,- Muhammadiyah Green School (MGS) telah melaksanakan kegiatan seminar Multiple Intelligence dan Implementasinya untuk Siswa. MGS yang diusung oleh Pimpinan Muhammadiyah Cabang (PCM) Gamping ini melibatkan 3 sekolah. Sekolah tersebut adalah SMP Muhammadiyah 1 Gamping, SMK Muhammadiyah Gamping dan SD Muhammadiyah 2 Ambarketawang. 
Kegiatan ini berlangsung Sabtu (1/02/2020) di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Moderator dan Pendamping dalam seminar dan sharing ini adalah Dr Samiyanto dan narasumber oleh Dr. Yuli Fajar Susetya, M.Psi. Kegiatan ini diikuti oleh guru dari ketiga sekolah tersebut. “Ketiga sekolah tersebut diamanahi oleh PCM untuk menyukseskan program MGS, sehingga semua elemen akan terlibat dalam perkembangan MGS”, ungkap Umi Rochmiyati. S.Pd, salah satu peserta dalam seminar tersebut
Dr Yuli menjelaskan bahwa setiap anak pada dasarnya memilki kecerdasan berbeda-beda sehingga dibutuhkan strategi dan metode yang berbeda-beda pula untuk mengoptimalkan. “Tujuannya memberi wawasan kepada guru bahwa setiap kelas pasti anaknya mempunyai kecerdasan yang mungkin beraneka sehingga dibutuhkan strategi dan cara yang berbeda pula. Misalnya  menyampaikan pembelajaran menggunakan metode yang bervariasi disesuaikan dengan kondisi kelas” jelas Umi “sehingga peserta didik akan mendapatkan pelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan” imbuhnya

Seminar dan Sharing yang diikuti oleh 64 guru ini juga menyadarkan guru untuk dapat membimbing dan mengarahkan kecerdasan masing-masing anak. “Ke Depan sekolah dalam hal ini Guru secara perlahan tapi pasti dapat mengidentifikasi kecerdasan anak dan membimbingnya” tegas Dr Yuli, yang juga menjadi Dekan Fakultas Psikologi UGM.

Pemateri yang juga Badan Pimpinan Harian (BPH) PKU Muhammadiyah Bantul ini juga menegaskan untuk guru dapat menyajikan profil anak dengan cara  penilaian dari diri sendiri anak, penialian guru, penilaian teman sebaya dan penilaian orangtua yang menggabarkan kelebihan dan kelemahan sehingga kelebihan dapat dioptimalkan kekurangan dapat diminimalisir. “Harapannya kedepan sekolah dapat menyajikan profil anak kelebihan dan kelemahannya sehingga kelebihan dapat dikembangkan dan kelemahan dapat diminimalisir ” tuturnya.
Menurut keterangan Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Gamping, Bu Umi, MGS menekankan pada 4 karakteristik anak yaitu Akhlak Qur’aini, Peduli Lingkungan, Kecerdasan Majemuk dan Akrab dengan Teknologi Informasi (TI). “MGS menekankan pada empat hal, Akhlak Qur’aini, Peduli Lingkungan (lingkungan hidup), Kecerdasan Majemuk dan Akrab dengan Teknologi Informasi (TI). Acara ini menguatkan untuk faktor ketiga”. ujarnya. (*Al/Um)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *